Sabtu, 15 Desember 2012

Kebutuhan gizi anak

     1.     Komposisi bahan makanan
dalam kehidupan sehari hari, bahan makanan di sebut bahan pangan, dapat diperoleh  dalam berbagai sumber dan bentuk. Ada bahan makanan yang di sebut sayuran, daging dan buah. Masing masing bahan makanan terdiri atas  berbagai jenis, seperti sayur bayam, sayur kangkung dll. Kelompok daging seperti daging sapi, daging ayam dan ikan. Setiap bahan makanan mengandung beberapa zat gizi.
di Indonesia di kenal susunan hidangan sehari hari yang mana susunan hidangan ini terdiri dari berbagai jenis bahan makan.
Bahan makanan pokok yang dikenal dari makanan yang di hidangkan pada waktu pagi, siang, malam. Lauk pauk dalam pola makanan orang Indonesia sebagai teman makanan pokok yang memberi rasa enak merupakan sumber zat gizi protein dalam makanan  sehari hari. Sayur sebagai teman makanan pokok pemberi serat dalam hidangan, serta pembasah karena umumnya di masak berkuah. Buah buah merupakan  santapan terakhir dalam suatu acara atau di makan di mana saja. Susu dan telur merupakan bahan makanan yang khusus karena kandungan zat gizi dan fungsinya terutama untuk golongan tertentu.
a.       Bahan makanan pokok
Dalam susunan hidangan Indonesia sehari hari, bahan makanan pokok merupakan bahan makana yang memegang peranan penting. Bahan makanan pokok dapat di kenal dari hidangan yang di hidangkan pada waktu makan pagi,siang dan makan malam. Paa umumnya porsi makanan dalam jumlah ( kuantitas/volume) terlihat lebih banyak dari bahan makanan lainnya. Dari sudut ilmu gizi, bahan makanan pokok merupakan sumber energy dan mengandung banyak karbohidrat.

b.      Lauk pauk
Bahan makanan lauk pauk di dalam pola makanan orang Indonesia berfungsi sebagai teman makanan pokok yang member rasa enak dan merupakan sumber zat gizi protein dalam menu makanan sehari hari. Lauk pauk amatbervariasi baik dalam hal bahan makanannya maupun  dalam teknik pengolahan  dan bumbunya. Di tinjau dari sumbernya, di kenal bahan makanan yang berasal dari  hewan dan tumbuhan. Lauk pauk yang berasal dari hewan seperti daging dan ikan. Contoh dari tumbuhan yaitu kacang kacangan. Bahan makanan lauk pauk banyak mengandung protein sebagai zat pembangun.
c.       Sayur sayuran
Dalam hidangn orang Indonesia sayur mayur adalah sebagai teman makanan pokok, pemberi seratdalam hidangan, serta pembasah karena umumnya di masak berkuah. Tumbuhan atau nabati sebagai asal bahan makanan sayur mayor dapat berupa bagian dari tumbuhan  seperti batang, daun, bunga jantung, umbi atau buah muda. Sayur merupakan bahan  pangan yang mengandung vitamin dan mineral yang di butuhkan tubuh meskipun dalam jumlah relatifsedikit. Disampig vitamin dan mineral sayur mayur juga kaya akan  serat yang sangat di butuhkan tubuuh meskipun tidak dapatdisamakan, tetapi dapat membantu peristaltic usus dan pencernaan makanana.  Vitamin dan mineral yang ada didalam sayur mayur ini dapat rusak jika mengalami pemanasan.

d.       Buah buahan
Buah buahan biasanya di hidangkan sebagai hidangan terakhir atau makanan penutup dari satu jamuan makanan sehari hari sehingga buah buahan sering di sebut sebagai makanan pencuci mulut. Dilihat dari sudut gizi , buah buahan berfungsi sebagai pelengkap zat gizi yang di butuhkan tubuh, khususnya vitamin c yang tidak atau sedikit sekali terdapat pada makanan yang telah melalui proses pemasakan. Umumnya di pilih buah yang sudah masak atau tua dengan rasa manis dan di makan mentah. Selain sebagai penutup buah buah juga dapat di masak dan di olah menjadi makanan kecil sebagi minuman, selada buah, rujak. Buah buahn merupakan sumber vitamin bagi manusia. Ada beberapa jenis buah buahan yang juga member kalori yang cukup tnggi seperti avokad dan durian, dimanan avokad berasal dari lemak dan durian berasal dari karbohidrat.  Selain itu buah buahn juga kaya dengan vitamin b kompleks dan vitamin cserta beberapa mineral seperti kalsium dan kalium. Perlu di inggat bahwa pengolahan seperti pemanasan  maupun proses pengawetan dapat merusak dan mengurangi beberapa jenis zat gizi pada buah.pemanasan dapat merusak vitamin c dan a serta beberapa jenis  vitamin b kompleks.
e.       Susu dan telur
a.       Susu
Susu merupakan bahan makanan yang khusus karena kandungan zat gizinya dan fungsinya terutama untuk golongan masyarakat tertentu, seperti bayi, anak, ibu hamil dan menyusui.
b.      Telur
Telur merupakan cikal bakal makhluk hidup  dalam hal ini unggas. Telur menjadi sumber protein dan mineral yang baik bagi usia manusia. Dapat di komsumsi anak kecil sampai orang tua.
2. kecukupan gizi yang di anjurkan
Kebutuhan gizi  di pengaruhi oleh :
-          Umur
-          Jenis kelamin
-          Aktivitas
-          Berat dan tinggi badan
-          Genetika
-           Kehamilan dan menyusui
Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan  table kecukupan gizi yang dianjurkan perorang per hari atau recommended dietary allowances (RDA). Pengertiannya  adalah banyaknya masing masing zat gizi yang harus di penuhi dari makanan untuk mencukupi hamper semua orang sehat. Perlu dibedakan  rda dengan kebutuhan gizi ata requirement yang menggambarkan  kebutuhan zat gizi minimal individu berkaitan dengan berbagai factor.
Kebutuhan gizi yang di anjurkan ini pada umumnya sudah memperhitungkan factor variasi kebutuhan individual sehingga angka kecukupan gizi yang di anjurkan setingkat dengan kebutuhan rata-rata di tambah dua kali simpangan baku ( standar deviasi ) atau sudah mencakup lebih dari 97,5 % populasi        (Darwin karjadi dan muhilal 1992). Bahkan untuk beberapa zat gizi seperti  vitamin dan mineral  kecukupan gizi yang di anjurkan sudah mencakup pula terciptanya cadangan zat gizi tersebut dalam tubuh . Terpakainya cadangan ini adaah pada saat kosumsi zat gizi tersebut kurang. Contoh zat ini adalah vitamin A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar